ZOOM

ZOOM
gaya

Rabu, 31 Oktober 2012

REFORMASI DAN KONTRA REFORMASI


1.       Menggambarkan pembrontakan bangsa-bangsa yang kurang beradap terhadap dominasi intelektual Itali. Dalam kasus ini pemberontakan bersifat politik sekaligus teologis: otoritas paus ditolak, dan upeti yang selama ini diperoleh Paus kerena memegang kunci-kunci surta tidak lagi dibayarkan.
2.       Kontra Reformasi: pembrontakan hanya dilakukan terhadap kebebasan intelektual dan moral Itali Renaisans; kekuasaan Paus bukan dihilangkan, tetapi justru diperbesar, sedangkan pada saat bersamaan tampak jelas bahwa otoritas pau tidak sejalan dengan kelalaian kecil keluarga Borgia dan Medici.
3.       Kasarnya; reformasi itu di Jerman, sedangkan kontra reformasi itu di Spanyol.
4.       Tiga besar tokoh reformasi Itali  adalah Luther, Calvin, dan Loyola. Ketiga tokoh ini menganut filsafat abad pertengahan;
hubungan jiwa dengan tuhan,
meniadakan kekuasaan greja
menghapus api penyucian
mereka menolak doktrin hidup besenang-senang
BANGKITNYA SAINS
1.       Hampir setiap hal yang membedakan dunia modern dari abad sebelumnya diantribusikann pada sains yang mencapai puncak kejayaan yaitu pada abad ke 17
2.       Konsep-konsep baru yang diperkenalkan oleh sains sangat mempengaruhi filsafat modern
3.       Empat tokoh yang terkenal dalam penciptaan sains adalah Copernicus, Kepler, Galileo dan Newton.
Copernicus
1.       Copernicus (1437-1543) seorang pendeta ortodoks yang halus budi bahasanya.
2.       1500 dia menjadi profesor dan memberi kuliah matematika di Roma pada tahun 1503 dia kembali ketanah kelahirannya.
3.       Waktu luang (untuk memberontak terhadap orang-orang Jerman yang telah mereformasi perintahan yang ada, juga memperlajari astronomi)
4.       Semenjak awal dia percaya bahwa matahari adalah pusat alam semesta, dan bumi memiliki gerak gand; rotasi setiap hari dan revolusi mengelilingi matahari setahun sekali. Kerena takut kecaman dari gereja, maka dia menunda untuk menerbitkan pemikiran-pemikirannnya meskipun dia membiarkan orang lain mengenalnya
5.       Krya pentingnya “De Revoluntionibus Orbium Caelestium” diterbitkan pada tahun kematiannya 1543
6.       Karya Copernicus tidak bernuansa modern, tetapi lebih bercirikan Pythagorean
7.       penemuan Nicolaus Copernicus dengan teori Heliosentris (helios=matahari, centrum=pusat), artinya tata surya ini berpusat pada matahari. Teori heliosentris ini membantah teori lama yang bersifat geosentris (geos=bumi, centrum=pusat). Ajaran geosentris ini pada perkembangannya melahirkan suatu pandagan bahwa bumi ini datar seperti meja. Ajaran geosentris didukung dan disahkan oleh gereja sebagai salah satu ajaran resmi para penganut gereja khatolik.

0 komentar:

Posting Komentar